top of page
Search

Tips Memilih Depot Air Minum Isi Ulang Berkualitas


Selama ini masih bingung menentukan depot air minum isi ulang manakah yang memberikan produk yang aman, higienis, dan berkualitas? Berikut adalah tips yang bisa dijadikan patokan untuk memilih depot air minum yang paling memenuhi kriteria untuk dijadikan langganan konsumsi air minum sehari-hari anda :


1. Apabila anda konsumen yang lebih suka pesan antar, coba sesekali luangkan waktu untuk datang langsung ke depot air minum tersebut. Perhatikan tingkat kebersihan dari aspek bangunan dan peralatan tempat tersebut dari mulai ruang luar atau ruang parkiran, ruang dalam atau ruang pelayanan konsumen, dan kalau bisa sampai ke ruang mesin filter pengolahan air depot tersebut. Disini anda bisa menilai bagaimana komitmen sang pemilik dalam hal pemeliharaan bangunan dan peralatan tersebut untuk selalu menjamin produk air dengan kualitas yang dipersyaratkan.


2. Coba perhatikan karyawan depot air minum, dari cara berpakaian dan penampilannya. Depot air minum yang dikelola profesional tentunya mengharuskan karyawannya untuk selalu memakai seragam dengan rapih dan bersih, rambut pendek dan tersisir rapih, kuku pendek dan bersih, memakai sepatu, dan menjaga kebersihan dan wangi tubuh.

3. Coba perhatikan bagaimana operator depot tersebut dalam mengisi galon anda. Mulai dari cara pembersihan wadah galon anda sampai ke pengisian air ke dalam botol galon. Anda bisa menanyakan apakah ada ketentuan baku dalam membersihkan botol galon , cara pengisian, dsb.


4. Coba perhatikan sertifikat lolos uji tes air dari lab dinas kesehatan yang sudah terakreditasi. Menurut aturan pemerintah sertifikat itu harus diperbarui setiap 6 (enam) sekali. Sertifikat ini biasanya digantung atau ditempel di dinding atau kaca depan.


5. Jangan selalu tergoda dengan harga murah yang di luar batas kewajaran seperti pepatah mengatakan 'ada harga ada kualitas'. Harus diingat kalau namanya usaha itu ada biaya operasional yang harus rutin dikeluarkan seperti biaya gaji karyawan, biaya bahan baku, biaya listrik, biaya sewa tempat, biaya pemeliharaan tempat dan peralatan, dsbnya. Apabila harganya jauh lebih murah dari produk sejenisnya, tanpa ada perbedaan signifikan, maka pasti salah satu biaya ada yang ditekan pengeluarannya, tanpa memperhatikan dampak dari kualitas pelayanan dan kualitas produk. Siapa sih owner bisnis yang mau menanggung kerugian usaha setiap bulannya?


6. Paling mudah bisa dimulai dari depot air minum yang telah memiliki jaringan luas dan bermerk seperti Daily Fresh Water, dan Indofresh Water, dan Alfafresh Water. Kenapa? Karena sebagai bisnis franchise dan depot air minum modern, mereka memiliki standarisasi dalam sistem operasional yang harus mengikuti peraturan pemerintah.

6 views0 comments
bottom of page